Sunday, January 13, 2013

Denial (Penyangkalan)

"Simply say what's in your heart"
Belle (Belle's Magical World)

Denial adalah mekanisme penolakan dari dalam diri atas sesuatu. Memainkan peran defensif, sama seperti represi. orang menyangkal untuk melihat atau menerima masalah atau aspek hidup yang menyulitkan. Denial beroperasi pada taraf preconscius atau conscius.

Contohnya: seorang gadis yang rendah diri, tidak berani menunjukkan perasaan suka pada lawan jenis karena merasa kurang cantik, kurang pintar, kurang kaya. Sebutlah namanya Dara.

Dara ingin sekali menolak perasaan sukanya terhadap seseorang hanya karena situasi yang dia hadapi mirip dengan pengalaman sebelumnya yang cukup sering dan berujung sakit hati.

Dara tahu dia adalah sosok pria idamannya. Saat Dara pertama kali melihat pria itu, Dara sudah bisa mengatakan bahwa dia adalah pria idaman tipenya. Tapi pada saat yang bersamaan juga Dara memilih untuk menolak habis-habisan perasaannya. Setiap Dara ngobrol dengan pria itu, Dara berusaha ketus dan berkesan Dara tidak peduli dengan pria itu. Dara merasa hancur saat melakukan itu. Dara merasa bersalah memperlakukan dia seperti itu. Tapi ini adalah salah satu cara penolakan Dara agar perasaan ini tidak berlanjut.

Entah apa dan bagaimana semakin hari bukannya semakin berkurang rasa ini malah semakin sering Dara bertemu dia. Sering pula mereka ngobrol banyak. Dara merasa dialah pria yang benar-benar tipenya. Tapi disisi lain Dara tidak mau melanjutkan perasaan ini. Selama ini dia selalu bersikap baik pada Dara, mungkin itu salah satu juga yang membuat Dara tidak bisa total menjauhi dia.

Dara takut untuk mengambil resiko mengejar cintanya. Dara takut terjatuh untuk yang kesekian kali. Tapi Dara merasa kesempatan untuk dekat dengan dia pun sama besar. Dara takut mengambil langkah yang salah. Dara takut kecewa dengan keputusannya sendiri.

Suatu hari, pria itu bilang ke Dara kalau dia sedang ingin jadian dengan orang lain tanpa Dara tau siapa wanita tersebut. Dara mencoba mencari kebenaran dari cerita pria itu dengan bertanya ke teman-teman lingkungan sekitarnya. Tapi hasilnya nihil. Teman-temannya juga tidak ada yang tahu siapa yang dimaksud wanita rahasia itu. Ada seorang teman yang menerka wanita itu adalah Dara. tapi Dara merasa tidak memiliki potensi untuk berada di posisi wanita tersebut.

                                                                               ---

Contoh yang dialami Dara diatas mungkin juga banyak dialami oleh wanita lain, bahkan mungkin juga pria.  Memang denial bisa terjadi pada wanita ataupun pria, karena ini adalah pilihan sadar. Denial tidak hanya terjadi ketika kita mengalami masalah cinta, tapi juga keuangan, keyakinan agama dan juga masalah keluarga seperti kematian, perceraian, pernikahan dan lainnya. Penyebab umumnya adalah pengalaman hidup yang secara sengaja ataupun tidak sengaja masih menyimpan emosi negatif dalam pikiran bawah sadar.

Cara membebaskan diri dari denial? Being present!! (silakan baca dalam tulisan sebelumnya ya). Gali alam bawah sadar kita, cari tau penyebabnya, keluarkan dan lepaskan. Cara ini bisa kita lakukan sendiri atau bisa melalui bimbingan dan pendampingan oleh ahli yang kita percayai seperti ustadz, psikiater, hipnoterapis atau soulhealer. Yang perlu digarisbawahi adalah mintalah bantuan pada yang ahli, jangan sembarangan percaya pada orang yang tidak kompeten untuk hal ini, karena bisa-bisa denial kita bukannya sembuh malah makin parah.

#NtMS (Note to My Self)

0 comments:

Post a Comment