Saturday, April 14, 2012

The Colour of My Life

Ini bukan tentang warna hidup yang berisi sedih, senang, suka, duka, bla bla bla...
Ini bener-bener tentang WARNA!

Pink
Entah darimana asalnya dan sejak kapan, anak perempuan selalu identik dengan baju, mainan dan pernak-pernik warna pink atau merah muda. Saya juga salah satu anak perempuan yang suka banget ama warna genit yang satu ini. Dari kecil ampe saya lulus SMA, kalo beli barang ato pernak-pernik pasti milihnya warna pink. Seringkali, barang yang sebenernya ga butuh-butuh banget, hanya karena warnanya pink dan cute, akhirnya dibeli juga buat koleksi. Yang sering jadi koleksi pink saya adalah buku diary dan kertas surat ^_^

Pink terlihat sebagai warna yang energik, terlihat muda dan menciptakan perasaan yang lembut dan bebas. Pink dengan mudah menggambarkan permukaan material yang halus lembut. Pink identik dengan wanita atau karakter feminin. Warna pink, terutama pink yang mengandung banyak warna putih atau tint menggambarkan kelembutan, kehalusan, rasa sensitif dan romantis. Tak heran jika anak perempuan begitu menyukai warna ini untuk diterapkan pada kamarnya.

Hijau
Beranjak dewasa, saya mulai berani mencoba warna-warna lain untuk barang-barang yang saya punya. Pilihan saya jatuh pada warna hijau. Entah karena terbiasa melihat warna hijau selama kuliah di kampus Limau manis Universitas Andalas yang memang terletak diatas bukit dan dikelilingi hutan hijau, atau mungkin lebih tepatnya karena efek psikologisnya. Baju-baju saya selama masa kuliah dominan berwarna hijau.

Asosiasi kita terhadap warna bukan hanya secara visual, tapi juga indra yang lain terutama penciuman dan rasa. Ketika kita memvisualisasikan warna hijau, seketika itu juga kita membayangkan segarnya udara pagi dan sejuknya hawa pegunungan. Oleh karena itu, hijau sangat tepat untuk merefleksikan kesegaran dan relaksasi.

Hijau muda yang cerah mengandung banyak kuning akan berkesan ringan, segar dan menyenangkan. Sedangkan hijau tua yang mengandung banyak biru berkesan sejuk cenderung dingin. Hijau tua ini juga identik dengan keberuntungan dan kesejahteraan

Biru
Warna favorit saya berikutnya adalah biru. Karena merasa biru itu membawa efek ketenangan dan kestabilan, saya jadi suka membeli barang yang berwarna biru. Sejak saya kerja di Kalimantan ini, saya punya kamar sendiri, saya jadi bebas mendandani kamar saya. Sprei, gorden, kotak tissue, perabotan makan dan minum saya dominan warna biru. Seandainya aja saya boleh mengecat sendiri kamar, pasti udah saya sulap kamar menjadi warna biruuu!


 Biru selalu dihubungkan dengan langit dan air bagai kehidupan dan kekuatan.

Banyak orang beranggapan bahwa biru adalah warna yang dapat memberikan inspirasi, dan biasanya warna tersebut cocok untuk situs web, kemasan produk atau kartu identitas perusahaan dan untuk hal-hal penting lainnya. Perhatikan berapa banyak bank dan institusi keuangan menggunakan warna biru sebagai latar belakang dalam iklannya maupun logo. Biru juga memberikan ketenangan dan pilihan paling tepat untuk area yang membutuhkan konsentrasi atau suasana meditasi. Untuk alasan ini sekarang banyak rumah sakit, pada tembok kamar operasi menggunakan warna biru. Biru adalah warna langit juga warna laut. Warna ini selalu mengasosiasikan kita terhadap air dan sesuatu yang bersifat dingin. Air juga mengingatkan kita akan suasana berlibur yang santai. Karena itulah biru adalah warna yang paling sering digunakan untuk hal-hal yang memerlukan ketenangan, dan waktu-waktu dimana kita menginginkan untuk berhenti dan beristirahat. Biru tua melambangkan kepercayaan, kebijaksanaan dan kematangan berpikir dalam mengambil keputusan. Sedangkan biru muda yang keabu-abuan kerap dipakai unutk hal-hal yang melibatkan teknologi tinggi, seperti benda-benda digital dan barang elektronik serta logo perusahaan berteknologi tinggi. Biru sering juga kita asosiasikan dengan bluejeans, pakaian yang memberi kesan ‘gaul’ dan trendy; sekalipun yang menggunakan bluejeans sudah oma-oma dan opa-opa, tetap kelihatan trendy.

Ungu
Naaah....karena udah mulai bosan dengan warna biru, saat ini saya lagi suka dengan warna ungu. Ga peduli kalo banyak yang bilang ungu itu warna janda, karena menurut saya itu hanya sinisme dan latah belaka, warna ungu itu kesannya elegan, mewah dan tenang.


Ungu dapat mempunyai banyak arti dari kean sederhana sampai agung tergantung banyaknya sebagai latar belakang yang digunakan. Ungu merupakan warna yang unik karena karakternya berubah-ubah begitu drastic tergantung intensitas yang dimilikinya. Warna ungu tua dengan intensitas penuh berkarakter misterius, mistis, dalam dan angkuh. Sebaliknya warna ungu muda pastel justru memiliki karakter yang lembut, ringan dan menyenangkan. Biasanya warna ini digemari oleh mereka yang berjiwa unik seperti paranormal, desainer, entertainer dan mereka yang memiliki kemampuan artistic yang tinggi.

Dalam lingkaran warna, ungu merupakan kombinasi dua warna dengan karakter berseberangan; merah yang berani, dinamis, dominant dan panas dengan biru yang tenang, stastis dan dingin. Tidaklah heran jika dominasi salah satu warna tadi akan mempengaruhi kesan warna ungu yang dihasilkan. Warna ungu yang lebih didominasi warna merah adalah warna yang kuat dan mencerminkan kemuliaan, keagungan dan kemewahan sehingga warna ini banyak dipakai dalam symbol kerajaan. Sedangkan warna ungu yang cenderung ke biru memiliki karakter yang hikmat yang banyak dipakai untuk melambangkan dukacita, agama atau sesuatu yang sacral.

0 comments:

Post a Comment